Cara Mengangkat Ban Depan Motor (Standing)

Standing motor dapat dilakukan dengan cara menaikkan putaran mesin secara tiba-tiba sehingga ban belakang akan berputar lebih cepat dan ban depan motor pun akan mengangkat dengan sendirinya. Mengingat resiko yang sangat besar jika anda mengangkat ban depan motor (standing), maka sebaiknya anda melakukan hal ini di tempat yang aman, sepi dan jauh dari pengendara motor atau mobil lainnya. Jangan sekali-kali anda melakukan hal ini di jalan raya, karena tentunya akan membahayakan diri anda dan terutama bagi orang-orang di sekeliling anda.
http://faktabukanopini.blogspot.com/

Sebelum melakukan standing, disarankan anda menyiapkan motor anda ke dalam kondisi maksimalnya. Selain itu anda harus siap menerima resiko jika motor tunggangan anda mengalami hal-hal yang tidak anda inginkan. Gunakan pula standar perlengkapan berkendara yang lengkap seperti helm standar, celana tebal dan jaket agar anda terhindar dari luka jika anda gagal dalam melakukan standing. Sebagai langkah antisipasi, pastikan anda melakukan standing ini dalam pengawasan teman anda, agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada anda, teman anda dapat memberikan pertolongan pertama pada anda.

Cara Standing dari Saat Motor Berhenti
  1. Pastikan bahan bakar tidak penuh agar beban motor tidak terlalu besar dan mudah untuk menjaga keseimbangan, pastikan juga gigi masih dalam keadaan netral, lalu tarik tuas rem depan.
  2. Sebaiknya anda duduk di posisi jok belakang agar lebih mudah untuk menjaga keseimbangan.
  3. Masukan gigi ke gigi 1, lalu tahan dan jangan dilepas dahulu atau tekan kopling (bagi motor transmisi manual).
  4. Tarik tuas gas perlahan, begitu RPM kira-kira mencapai sekitar 6000, lepas gigi dan begitu ban depan motor mengangkat jangan lupa untuk memainkan gas agar motor tetap dalam keadaan standing.
  5. Jika pada motor anda tidak terdapat display untuk menunjukkan RPM, anda dapat memperkirakannya melalui suara putaran mesin motor anda, untuk percobaan dapat anda mulai dari putaran yang rendah dahulu, ulangi terus sampai anda mendapat perkiraan putaran yang tepat untuk melakukan standing.
  6. Jika ban depan motor telah mengangkat cukup tinggi, maka tahan gas dan jangan tarik tuas gas lagi.
  7. Agar anda dapat turun dengan aman, injak pedal rem belakang sedikit demi sedikit dan jangan langsung menginjak habis pedal rem untuk menghindari anda dan motor anda terjatuh.
  8. Dorong stang ke bawah secara perlahan.

Cara Standing Saat Motor Melaju
  1. Pada saat motor anda mulai melaju, jalankan motor dengan kecepatan rendah dan tidak terlalu tinggi.
  2. Masukkan gigi tahan lalu tahan, atau tekan kopling (bagi motor transmisi manual) lalu tarik tuas gas sampai kira-kira mencapai sekitar 6000-8000 RPM.
  3. Lepaskan gigi dan ban depan motor pun akan mengangkat.

Namun perlu saya ingatkan sekali lagi, terlalu sering melakukan standing dapat merusak sockbreaker depan motor anda. Selain itu rantai dan mesin motor pun akan lebih cepat rusak karena putaran mesin yang tiba-tiba dipaksa menjadi tinggi. dan yang pasti bahan bakar pun akan lebih boros karena digunakan untuk menghasilkan tenaga yang besar.

http://al-teko.blogspot.com/2011/06/cara-mengangkat-ban-depan-motor.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KOMPAS.WEB.ID Powered by Blogger